Friday, July 11, 2014

PENYEBAB DAN SOLUSI KERUSAKAN MORAL REMAJA

Moral Remaja Indonesia 
Masa Remaja adalah masa dimana seseorang mulai bisa beridola,yakni mulai bisa tertarik akan sesuatu yang telah ada di dalam fikirannya. Sehingga kaum muda terkadang lebih condong meniru tentang apa yang sedang trend atau sedang mengglobal. Namun,terkadang hal yang ditiru kurang tepat karena bertentangan dengan aturan,kebiasaan yang dilakukan,adat istiadat,serta aturan agama sehingga akan menimbulkan sebuah kerusakan moral .  Karena masa remaja ialah masa dimana manusia menjadi labil. Oleh karena itulah kaum muda khususnya remaja ingin lebih mengenal satu sama lain tak luputnya dengan caranya sendiri dengan cara memperbaiki  diri meliputi penampilan dan sikapnya,khususnya tak luputnya dengan peran budaya.  Tanpa kecuali,budaya asing yang telah meracuni bangsa kita.,.
 
Begitu mudahnya budaya asing masuk tanpa adanya upaya pencegahan yang serius oleh pemerintah mengakibatkan banyaknya budaya asing negatif yang masuk kenegara ini dan jelas-jelas budaya ini tidak cocok, dan cederung merugikan karena telah merusak moral generasi muda. Bagaimana tidak, sebagai contoh kebudayaan barat yang tak sesuai dengan budaya kita telah banyak masuk ke Indonesia seperti berpakaian yang tak sewajarnya  bahkan kemudian trend tersebut dikuti oleh para entertainer indonesia sehingga mempengaruhi gaya trend kaum muda masa kini yang terlalu terpesona oleh dunia entertrainer . Hal itu dapat menjadikan perubahan negatif kaum muda,yakni :

1.      Rusaknya akhlak Remaja Indonesia
pada saat ini rata-rata disebabkan karena pemahaman agama yang kurang, Melihat dari hal itu , sebaiknya kita harus sadar bahwa zaman sekarang ini sudah manjadi zaman yang jahiliyah. Selain itu , sekarang banyak anak muda mempergunakan waktunya untuk hal-hal yang tidak baik seperti, bermain game oin itu, anak muda zaman sekline pada saat pulang sekolah, pacaran. karena itu, kita harus saling membantu untuk, memberantas budaya-budaya asing yang negatif untuk masuk ke negara tercinta ini , karena negara kita memiliki budaya yang sangat banyak untuk kita pelajari daripada meniru budaya orang asing.

2.      Tidak menyadari akan peran dirinya terhadap Agama/ bangsa.

Generasi muda merupakan harapan untuk menggantikan mereka yang sudah tua. Sudah sepantasnya generasi muda harus siap melanjutkan bahkan mengembangkan apa yang sudah dilakukan oleh orang sebelumnya. Keadaan sperti ini akan terus berjalan sesuai dengan perkembangan zaman dan menjadi pengaruh besar dalam perkembangan sebuah bangsa dan negara ke depan.

Banyak remaja yang lebih mengetahui dan paham dengan budaya seperti budaya eropa yang sangat jauh berbeda dengan budaya timur (Islam). Misalkan saja dari cara berpakaian, cara bergaul yang kurang beradab.

Sudah banyak sekali kasus yang bisa kita saksikan melalui media massa bahwa generasi muda sebagai motor dan tulang punggung negara ini sudah rusak moral/ akhlak dan perilakunya. Budaya Islam sebagai budaya yang seharus dikembangkan dan dijadikan sebagai ukuran atau filter penyaring dilupakan bahkan dilecehkan. Generasi muda sudah kehilangan takaran iman yang bisa menepis pengaruh budaya luar yang merusak kepribadian kita sebagai bangsa. Generasi muda kita banyak kehilangan arah dan tersesat dalam area yang sangat berbahaya dan cenderung hanya menggunakan nafsu.
Dengan rusaknya moral dan akhlak generasi muda, maka secara perlahan akan merusak tatanan suatu bangsa dan tinggal menunggu kehancurannya. Allah jelas telah mengingatkan kita bahwa hancurnya bangsa diakibatkan rusaknya moral dan akhlak pemudanya dan Qur’an dan Hadits yang diabaikan akan memberikan dampak ketersesatan dan kehancuran manusia.

            Ada beberapa faktor kesimpulan yang di landasi sbg:



1.      kemajuan teknologi,
Dampak globalisasi teknologi memang dapat memberikan dampak positif tetapi tidak dapat di pungkiri lagi bahwa hal ini juga dapat berdampak negative bagi kerusakan moral. Perkembangan internet dan ponsel berteknologi tinggi terkadang dampaknya sangat berbahaya bila tidak di gunakan oleh orang yang tepat. Misalnya : Video porno ,berbagai jejaring sosial yang menguras waktu belajar kaum remaja.

2.      Pudarnya keimanan.
Sekuat apapun iman seseorang, terkadang mengalami naik turun. Ketika tingkat keimanan seseorang menurun, potensi kesalahan terbuka. Hal ini sangat berbahaya bagi moral, Jika dibiarkan tentu membuat kesalahan semakin kronis dan Akan menimbulkan kerusakan moral .

3.      pengaruh lingkungan sekitar.

Kondisi lingkungan,layaknya lingkungan rumah,sekolah,dan sebagainya tentuk akan berdampak dalam pembentukan karakter moral itu sendiri.



Ada Beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini :



1.    Hindari Salah dalam bergaul, kita harus pandai memilah dan memilih teman dekat. Karena pergaulan akan sangat berpengaruh terhadap etika, moral, dan akhlak. Karena kepribadian manusia akan terpengaruhi dari pergaulan itu sendiri. Apabila seseorang bergaul di lingkungan yang baik,maka ia akan timbul kepribadian yang baik juga. Begitu juga sebaliknya, Apabila seseorang bergaul di lingkungan yang tidak baik, maka akan tibul kepribadian yang tidak baik juga.



2.    Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang, terutama dalam mengenalkan pendidikan agama sejak kecil. Perhatian dari orang tua juga sangat penting. Karena pada banyak kasus, kurangnya perhatian orang tua dapat menyebabkan dampak buruk pada sikap anak. 

3.    Memperluas wawasan dan pengetahuan akan sangat berguna untuk menyaring pengaruh buruk dari lingkungan, misalnya kebiasaan merokok.  Padahal jika dilihat dari sisi kesehatan, merokok dapat menyebabkan banyak penyakit, baik pada perokok aktif maupun pasif. Sehingga kebiasaan ini tidak hanya akan mempengaruhi dirinya sendiri, melainkan juga orang-orang di sekelilingnya.



4.    Meningkatkan iman dan takwa dengan cara bersyukur, bersabar, dan beramal sholeh.

Dengan kita mendektkan diri kepada Allah,rajin beribadah,beramal shaleh,tentu akan membuat kita terhindarkan dari perbuatan yang tidak berjalan di jalan Allah. Seperti halnya dalam surat Al-Qalam ayat Sesungguhnya engkau ( Muhammad ) berada pada landasan akhlak yang agung.”
 
kita sebagai manusia yang telah diberi akal dan fikiran oleh sang maha kuasa, maka kita pergunakan dengan maksimal. Kita harus berfikir cerdas tentang bagaimana cara Menjalankan sesuatu hal agar dapat menimbulkan efek yang baik bagi kita. Terutama dalam memilih hal yang kita sukai seperti halnya trend masa kini,idola,dan lain sebagainya. 
Sekian dari sya, apa bila ada kekuranagn kata atau kelebihan kata, saya mohon ma'af yang sebesar-besarnya..Wassalammu'alaikum.....

5 comments:

  1. menurut saya pergaulan remaja perlu ditindak karna lama kelamaan pergaulan remaja yang sepert ini akan mengakibatkan penyesalan pada diri sendiri ,pengaruh paling besar adalah keluarga bagaimana cara mendidiknya dan juga pergaulan dengan cara pertemanan juga mempengaruhi ,jadi semua ini menurut saya tergantung pada diri sendiri

    ReplyDelete
  2. menurut saya pergaulan remaja perlu ditindak karna lama kelamaan pergaulan remaja yang sepert ini akan mengakibatkan penyesalan pada diri sendiri ,pengaruh paling besar adalah keluarga bagaimana cara mendidiknya dan juga pergaulan dengan cara pertemanan juga mempengaruhi ,jadi semua ini menurut saya tergantung pada diri sendiri

    ReplyDelete
  3. menurut saya pergaulan remaja perlu ditindak karna lama kelamaan pergaulan remaja yang sepert ini akan mengakibatkan penyesalan pada diri sendiri ,pengaruh paling besar adalah keluarga bagaimana cara mendidiknya dan juga pergaulan dengan cara pertemanan juga mempengaruhi ,jadi semua ini menurut saya tergantung pada diri sendiri

    ReplyDelete